PEJABAT ADALAH PELAYAN YANG PASSIONATE

❤️💡My Simple Thought, 24 June 2018



PEJABAT adalah PELAYAN yang PASSIONATE

Kemarin saya melihat foto ini di dinding FB seorang teman dan saya meminta izin untuk memakainya karena tiba-tiba saja saya merasa sedih, kangen, dan ingin menulis tentang beliau.
Setelah saya telusuri foto ini ada Kompas.com dengan caption “Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melayani pengaduan warga di ruang tamu Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/5/2017).” (KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Saya kembali menelusuri berita, ternyata Pak Ahok resmi ditahan 9 Mei 2017 artinya foto itu adalah kegiatan 7 hari sebelumnya yang berarti Pak Ahok sudah bolak-balik menghadiri persidangan, dan beliau masih menunjukkan sikap seperti itu. Aihhh… hati saya berdesir.

Ahh… saya tidak sedang mengais-ais memori romantisme masa lalu atau tidak bisa move on, dan saya tidak sedang menjelek-jelekkan pejabat saat ini.
Hanya saja… saya tidak tahan untuk tidak menulis melihat ekspresi wajah Pak Ahok, dan dia tidak sedang main sinetron, bro, sis!

Pandangilah foto ini, pandangi dengan hati tulus dan pikiran sehat… 
Inilah yang saya peroleh dari pengamatan sensory based 
- Postur punggung melengkung ke depan mendekat ke mitra bicara, demikian pula kepala
- Kontak langsung mata, berakomodasi penuh 
- Mulut sedikit terbuka (melongo)
- Tangan kanan memegang pena untuk mencatat, tangan kiri mirroring
Izinkan untuk mengungkapkan kesan menurut saya dari postur di atas… SERIUS (sungguh-sungguh) dan MENYIMAK. Jika saya menambahkan dengan konteks dan sampel yang lebih luas, dimana seminggu sekali Bapak ex Gubernur DKI ini memberi kesempatan warga untuk menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi, menurut saya Bapak punya rasa PEDULI, INGIN TAHU kondisi lapangan, memberi SOLUSI, memastikan timnya bekerja MELAYANI masyarakat secara MAKSIMAL. 

Sehingga seperti judul di atas… saya tetap masih BANGGA dengan pejabat yang satu ini, karena beliau adalah salah satu pejabat yang menjalankan PERAN sebagai PELAYAN RAKYAT dan dengan KECINTAAN serta KESUNGGUHAN—itulah PASSION.

Manusia tidak ada yang sempurna, tapi paling tidak—komposisi KEKUATAN (STRENGTH) yang dimiliki mendukung peran utamanya—sebagai pelayan rakyat.

Teman, 27 Juni 2018 adalah Pilkada serentak 171 daerah, sebaiknya buat PILIHAN. Jika pejabat di semua daerah memiliki kualitas yang baik, maka akan mempercepat Indonesia juga naik kelas.  
Gunakan hak pilih, ya... 

Giokni
SWOT | Speaker Writer Observer Trainer



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

WANT TO KNOW

ANCORA IMPARO - I AM STILL LEARNING

URIP IKU URUP (HIDUP ITU MENYALA, BAWA HANGAT & CAHAYA)